Tips Memenangkan Persaingan Toko Online Dengan Toko Online Besar

Marketing 0
Web Hosting Murah Gratis SSL

Suatu hari saya pernah membaca sebuah artikel yang berkaitan dengan Google. Di dalam artikel itu berisi tanya jawab antara seorang jurnalis dengan salah seorang CEO Google. Satu dari beberapa pertanyaannya yang saya anggap cukup menarik adalah: “(dalam kontek persaingan bisnis) Apa yang di takutkan Google terhadap perkembangan dan eksistensi bisnisnya?” jawaban yang di berikan oleh Google membuat saya heran ternyata Google tidak takut terhadap competitor-competitor bisnisnya saat ini seperti Yahoo, Ask atau Bing yang di takutkan oleh Google adalah toko-toko online semacam Amazon. Anda bisa membacanya disini http://www.businessinsider.co.id/amazon-google-gurley-2015-9/

Apa yang di khawatirkan oleh Google sangat masuk akal sebab orang akan meninggalkan Google sebagai persainganmesin pencaharian saat user sedang mencari refernsi yang bersifat komersil sepeti ingin membeli produk elektronik atau berbelanja online karena user akan langsung mengunjungi toko online yang ada untuk langsung membeli produk yang ingin di belinya.

Bila sudah begini maka orang tidak perlu mengunjungi Google lagi untuk mencari produk yang pada akhirnya pengusaha akan enggan memasang iklan di Google dan lebih memilih berjualan di toko online.

Kita Tinggalkan Pembahasan Kita Tentang Google

Saya rasa semua orang akan setuju dengan pendapat saya ini, di Indonesia sebelum marak berdiri mini market semacam AlfaMart dan Indomart banyak sekali masyarakat yang memiliki toko sembako di rumah (dengan sebutan toko klontong) yang mampu memberikan income yang cukup baik bagi pemiliknya tapi setelah banyak di bangun mini market maka secara perlahan-lahan masyarakat mulai beralih dari yang awalnya berbelanja di toko kelontong sekarang beralih ke mini market membuat para pengusaha toko kelontong mati secara pelan-pelan pula.

Pun demikian dengan maraknya toko online di internet semacam Lazada dan kawan-kawannya itu membuat para pemilik toko online mati secara perlahan-lahan karena kalah dalam sejumlah faktor dan faktor yang utamanya jelas yaitu faktor permodalan. Lagi-lagi para pemodal besar yang berkuasa membuat kehidupan semakin bertambah semakin sulit. Lantas adakah cara untuk memenangkan persaingan toko online? jawabannya tentu ada.

Memanfaatkan Kekurangan Lawan Untuk Memenangkan Persaingan Toko Online

  1. Walaupun memiliki modal yang besar, di dukung oleh SDM dan infrastruktur yang baik hal itu bukan berarti tidak memiliki kekurangan. Tidak sedikit orang yang kecewa dengan layanan yang diberikan para toko online besar untuk membuktikannya anda bisa mencari informasinya di Google dengan keyword misalnya: “kecewa dengan layanan ….” atau “layanan … mengecewakan” dan seterusnya.
  2. Kekurangan terbesar dari pelayanan toko online besar adalah bahwa tidak ada atau tidak terasa jika ada “human touch” (sentuhan manusia) karena hampir semua mekanisme yang ada di dalam toko online di jalankan dengan secara otomatis. Hanya pada tahap verifikasi pembayaran yang menggunakan metoda pembayaran tertentu, packing dan pengiriman saja yang di jalankan oleh manusia selebihnya di jalankan oleh sistem.
  3. Waktu menunggu pesanan diantar kerumah yang lebih lama pun bisa anda manfaatkan untuk memenangkan persaingan toko online karena rata-rata toko online besar membutuhkan waktu antara 4 hingga 10 hari untuk memastikan pesanan sudah sampai di tangan pembeli. Anda sebagai pemilik toko online kecil bisa memberikan jaminan barang di antar ke rumah didalam tanggal yang sama dengan tanggal pembelian atau bisa anda tulis “beli hari ini barang diantar kerumah hari ini juga!”
  4. Prosedur claim garansi yang terlalu rumit bisa anda jadikan “senjata” untuk memenangkan persaingan toko online ini.
  5. Direct contact to seller sama sekali tidak ada maka anda sebagai pemilik toko online kecil bisa memanfaatkan ini sebagai celah untuk memenangkan persaingan maka berikanlah nomor telepon, pin BB atau yang lainnya agar pembeli bisa berkomunikasi secara langsung kepada anda.
  6. Semakin besar sebuah sistem maka sudah pasti akan membutuhkan banyak biaya untuk menjalankan sistem tersebut yang berakibat pada harga. Akhirnya harga akan mengalami kenaikan untuk menutupi biaya operasional. Beruntunglah anda sebagai pemilik toko online kecil yang tidak membutuhkan biaya besar untuk menjalankan dan merawat toko online maka anda bisa memberikan harga dibawah harga yang diberikan toko online besar.
Tags:
SEO Software

Related Posts

Leave a Reply


*