Sudah Amankah Komputer dan Website Anda?

Web Hosting Murah Gratis SSL

Dalam hal online “Attacker” bisa menyerang siapa saja melalui dua buah cara yakni pertama langsung menyerang website dan kedua melalui komputer. Namun kedua jenis serangan ini tergantung dari keperluan si attacker tadi misalnya untuk iseng-iseng saja dan kedua ada maksud negatif yang bisa merugikan.

Mengamankan website dan komputer sangat penting sekali untuk dilakukan anda para webmaster tujuannya adalah untuk meminimalisir efek negative akibat dari serangan. Sekali lagi saya katakan “hanya untuk meminimalisir” bukan untuk “menghentikan” karena sampai kapanpun, web jenis apapun tidak ada yang tidak bisa diserang.

Artikel ini bukan saya tujukan khusus untuk para webmaster saja tapi untuk anda semua yang aware terhadap sistem pertahanan dan saya berharap bisa bermanfaat untuk sesama.

Mengamankan Website

Tidak ada cara lain yang paling mudah dan efisien dalam rangka mengamankan website selain dengan backup dan tidak mempergunakan additional script (bisa berbentuk themes, plugin, component) yang:

  1. Vuln Script
  2. Bajakan

Vuln (vulnerable) script adalah script yang banyak memiliki celah yang bisa dimanfaatkan para attacker. Celah tersebut bisa berasal dari script yang digunakan dan bisa juga dari sisi web server yang anda gunakan.

Script Bajakan (pirate) yang banyak beredar didunia maya yang paling rentan terkena serangan karena biasanya sudah dimodifikasi sedemikian rupa oleh pembajaknya. Kiddy script, backdoor dan sejenisnya yang biasa disisipkan pada script yang telah dibajak. Efek dari masalah ini adalah website anda bisa dikendalikan, attacker bisa mengupload dan menginstall beberapa script jahat seperti phishing script.

Mengamankan Komputer

Para ahli bidang keamanan internet menganjurkan para webmaster untuk menggunakan beberapa software seperti:

  1. Antivirus
  2. Antispy
  3. Anti Keylogger
  4. Anti Trojan

Untuk pengamanan saja komputer kami menggunakan 3 buah antivirus, @1 Anti keylogger dan trojan + menggunakan jaringan yang sudah terenskripsi dengan demikian setidaknya kita sudah melakukan pencegahan sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Beberapa waktu lalu ada seorang rekan yang bercerita account paypalnya berhasil diretas membuat sejumlah uang ~$2000 USD amblas digondol karena kesalahannya sendiri telah membuat password yang sama antara password database pada webseite dan password yang digunakan untuk akun paypal. Attacker menyerang web dan mengambil alih akses ke root web server sehingga dengan leluasa bisa mengakses file-file penting yang berisi password yang tidak terenskripsi. Kalau sudah seperti ini apa yang akan dirasa?

Demikian pembahasan hari ini semoga bermanfaat dan dilain kesempatan saya akan mencoba berbagi beberapa tools security yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan keamanan dan pertahanan.

Tags:
SEO Software

Related Posts

Leave a Reply


*