Kesalahan-kesalahan Saat Melakukan Link Building

Web Hosting Murah Gratis SSL

Link building = membangun link alias membuat backlink. Buat kami sebagai praktisi Search Engine Optimization membuat backlink sama mudahnya seperti memasak mie instant bahkan kami bisa membuat backlink sambil tidur yang susah adalah bagaimana mengatur, menentukan dan mengelompokannya sehingga hasil yang diberikan benar-benar sesuai dengan harapan.

Anda atau webmaster lainnya apalagi kami yang berprofesi sebagai search engine marketing pasti kerap melakukan apa yang disebut dengan “spying” backlink. Apa itu spying backlink? spying backlink artinya memeriksa sumber-sumber backlink yang didapat para competitor kita. Dengan tools yang kami miliki kami bisa memeriksa sampai dengan tier ke 10 + walau competitor menggunakan url shortener, hidden link, redirect backlink sekalipun. Kami juga tahu nilai dan kualitas backlink yang didapat, keunikan, relevansi, anchor text, no dan dofollow bahkan kami tahu IP yang digunakan.

Hasil dari penelusuran (spying backlink) tersebut kami banyak menemukan hal-hal yang menurut kami adalah perbuatan yang salah. Apa saja yang kami anggap salah akan anda dapatkan jawabannya diartikel ini.

Artikel ini sangat bermanfaat untuk anda semua karena kesalahan-kesalahan seperti ini dulu pernah kami lakukan oleh karena itu baca dengan seksama isi artikel ini agar anda tidak melakukan kesalahan yang dulu pernah kami lakukan.

Kami akan membagi kesalahan dalam membuat backlink berdasarkan level/experience pelaku pembuat baclink yakni: Level Nobi dan Level Advanced

Kesalahan Membuat Backlink SEO Master Level Nobi

Level nobi adalah mereka yang belum tahu “penyakit” yang bertindak ngasal karena mendapatkan informasi yang kurang tepat tentang cara-cara mengoptimasi website menggunakan tekhnik offpage optimization.

Irrelevance, SPAM dan Backlink Tidak Berkualitas

Ketiga hal tersebut kerap dilakukan SEO Master level nobi yang sedang mengerjakan proses link building:

Irrelevance backlink ini adalah kesalahan yang pertama dan tidak sedikit SEO Master yang melakukannya. Irrelevance backlink kebanyakan dilakukan dengan cara membuat blog komentar di blog-blog yang tidak sesuai dengan landing pagenya. Yang parahnya lagi komentar langsung diarahkan ke “money site” dan dibuat dengan konsep: cepat, tepat dan singkat yakni: thanks gan! Tidak sedikit juga webmaster yang membuat backlink melalui guest book dan shoutmix.

SPAM backink adalah kesalahan kedua yang sampai detik ini masih saja di lakukan para SEO master. SPAM backlink identik dengan contextual link dan link yang di inject diwidget. Dalam beberapa kasus kami melihat ada artikel yang berjudul “Pulau Tidung” tapi contextual link yang ada didalamnya berisi anchor text tentang perabotan dapur, link dengan anchor text busana muslim bahkan anchor text obat kanker 😀 bila anda melakukan ini berarti anda melakukan dua kesalahan yang pertama irrelevance dan yang kedua SPAM Baclink.

Yang ketiga adalah backlink yang tidak berkualitas contohnya: banyak sekali blog-blog gratisan yang bisa kita buat sebanyak yang kita mau seperti: wordpress.com, blogspot, weebly, webs, tumblr dst lalu kita buatkan content dengan cara copy paste artikel lain tanpa di edit lalu kita isi dengan link anchor text + menambahkan link didalam widget. Bila anda melakukan ini maka anda telah melakukan 3 kesalahan yakni irrelevance, SPAM dan membuat backlink yang tidak berkualitas.

Kesalahan Membuat Backlink Untuk Level Advance

Kami menganggap level advance adalah mereka yang sudah tahu secara persis hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat membuat backlink serta tahu bagaimana cara membuat link tier, wheels atau link pyramid. Tapi ada beberapa hal yang menurut kami bisa berbuah menjadi kesalahan seperti:

Mengulang-ngulang Sumber Backlink

Seorang SEO advance pasti memiliki source (daftar backlink) berupa list bookmarking, artikel directory, blog comment, forum profile dll. Kesalahan yang dilakukannya adalah dengan menggunakan source yang sama untuk setiap tier yang di gunakan.

Tier 1 s.d 10 bila dibuat menggunakan source yang sama bisa berakibat pada devalue inbound link, tidak unik dan ujung-ujungnya web anda bisa jadi santapan Penguin. Bila anda menggunakan software SEO berupa Senuke XCR, Ultimate Demond atau software lainnya yang memiliki fungsi semacam kedua software tersebut maka anda telah melakukan hal yang kami sebut dengan mengulang-ngulang backlink karena backlink yang anda dapat berasal dari domain dan IP yang sama.

Kurang Mempertimbangakan Kualitas Untuk Tier 1

Jarang sekali SEO Master advance yang benar-benar mempertimbangkan kualitas bahkan kami melihat orang yang menganggap dirinya Pakar SEO sekalipun banyak yang melakukan perbuatan seperti layaknya SEO Master Nobi.

Setiap SEO master yang advance sebelum membuat backlink pasti akan mempertimbangkan beberapa hal seperti:

  1. Class C IP + Pagerank
  2. Class C IP + Mozrank
  3. Class C IP + ACRank
  4. Class C IP + Relevance

Kriteria backlink yang berkualitas menurut kami setidaknya ia harus memenuhi 1 dari 4 tipe backlink yang kami anggap backlink berkualitas. Dimana Class C IP menjadi juru kunci utama sedangkan Pagerank, Mozrank, ACRank dan Relevance menjadi pilihan optional.

Pada artikel terdahulu kami pernah menulis menenai Class C IP silahkan anda baca. Yang harus anda ingat adalah bahwa Class C IP terbagi menjadi 2 yakni virtual IP dan dedicated IP anda harus bisa membedakan mana yang virtual dan mana yang dedicated karena bila anda mendapatkan virtual IP itu tidak akan berfungsi maksimal bila money site anda telah mendapatkan dedicated IP sebelumnya. Karena virtual IP pada dasarnya adalah masking dari dedicated IP yang digunakan. Virtual IP banyak kita temukan pada web hosting SEO yang banyak di jual di luar negeri.

Terlalu Fokus Pada Dofollow, Tidak Peduli Pada Diversity Link, Semantic dan Tidak Sabar

Dofollow Backlink Tidak Penting: Salah seorang peserta kursus SEO kami terheran-heran saat kami mengatakan Dofollow backlink tidak penting!. Ya karena dofollow backlink itu memang tidak penting. Mengapa kami katakan tidak penting? karena yang terpenting adalah apa yang telah anda baca sebelumnya yakni 4 kriteria backlink berkualitas.

Lagi-lagi para SEO advance terfokus pada Dofollow, padahal banyak sekali web nofollow yang lebih tinggi 2 hingga 3x lipat dari backlink dofollownya. Belum lagi kesalahan dalam membuat backlink pada domain .edu dan .gov tanpa memprtimbangakan jumlah outboundlink dari kedua domain tersebut.

Diversity dan semantic sangat penting di era Hummingbird saat ini. Tanpa diversity dan semantic website atau backlink kita akan dianggap SPAM, Stuffing dan semacamnya. Mungkin karena terlalu terobsesi ingin cepat naik peringkat kebanyakan SEO Advance tidak mempedulikan diversity dan semantic.

Tidak sabar dan emosi adalah kendala utama yang harus kita taklukan. Emosi karena melihat website pesaing bisnis melesat naik keatas sedangkan website anda tetap berada di bawah

Tidak Belajar Dari Pengalaman dan Enggan Belajar Kepada Orang Yang Benar-benar Expert Dalam SEO

Jangan bohongi diri anda sendiri, bila anda merasa tidak mampu mengapa tidak belajar kepada orang lain atau paling tidak jangan mengulang kesalahan yang sama untuk yang kedua kalinya.

Ingat! musuh utama diri kita adalah diri kita sendiri artinya kita harus bisa mengalahkan ego diri sendiri sebelum mengalahkan orang lain. Merasa hebat, pakar, jago adalah awal dari dari kejatuhan tapi bila anda terus merasa kurang dalam memperoleh ilmu dan pengalaman maka suatu saat anda akan menuai hasil positif.

Tags:
SEO Software

Related Posts

Comments are closed.