Error Tidak Bisa Upload Image di WordPress? Ini Solusinya!

Web Hosting Murah Gratis SSL

Bagaimana cara memperbaiki website error sudah saya tulis sebelumnya tapi kali ini saya akan mengulas lebih spesifik lagi yakni langkah-langkah cara memperbaiki situs WP tidak bisa mengupload image di wordpress beserta penyebabnya. Bila hal ini sedang dan sering terjadi dengan blog anda maka jangan khawatir! setelah anda membaca artikel ini Insya Allah error tersebut akan hilang. Tapi yang paling penting menurut saya adalah bukan sekedar mencari solusi untuk memperbaikinya tapi cari juga mengetahui apa penyebabnya, karena masalah error tidak bisa upload gambar ini tidak dapat disepelekan begitu saja.

Penyebab WP Mengalami Error Tak Dapat Mengupload Gambar

Penyebabnya cuma dua yakni:

  1. Anda telah melewati batas pemakaian penyimpanan file di web hosting yang anda beli
  2. Berubahnya konfigurasi file permission

So lakukan pengecekan untuk memastikan problem error ini tidak berasal dari point pertama diatas, dan bila ternyata error ini muncul karena hal itu maka sudah selayaknya anda melakukan upgrade paket hosting yang anda beli atau bisa juga melakukan perubahan seperti yang telah saya tuliskan pada artikel terdahulu (Tips Untuk Membuat WordPress Tidak Menggenerate Image). Tapi bila bukan maka sudah pasti penyebabnya dalah karena perubahan file permission.

Berubahnya file permission ini mungkin saja terjadi akibat pihak web hosting telah melakukan perubahan seperti mengupgrade atau mengupdate system. Atau bisa juga karena:

  1. Ulah hacker atau
  2. Anda telah menggunakan plugin/themes bajakan mungkin bisa jadi karena
  3. Keamanan share hosting ditempat anda membeli paket hosting yang kurang kuat

Cara Memperbaiki Website WordPress Yang Tidak Bisa Mengupload Image

Lakukan langkah-langkah dibawah ini untuk memperbaikinya:

  1. Login ke cpanel anda (http://namadomain.com/cpanel)
  2. Klik File Manager
  3. Klik wp-content
  4. Maka anda akan melihat folder upload

Permission

 

  1. Pilih folder Uploads
  2. Klik Change Permission

Maka akan muncul popup untuk melakukan setting dan rubahlah menjadi: 744 atau 755 untuk folder dan seluruh sub folder upload tersebut.

Selesai!

CATATAN:

  1. Tanyakan pihak web hosting apakah sebelum error terjadi telah melakukan perubahan system yang berimbas pada berubahnya file permission?. Bila jawabannya benar maka anda tidak perlu khawatir tapi bila tidak maka sudah selayaknya anda melakukan..
  2. Scanning terhadap website wordpress untuk mengantisipasi terjadinya masalah yang tidak diinginkan akibat perbuatan orang lain (cracker)
Tags:
SEO Software

Related Posts

Leave a Reply


*