Cara Memprotek Wifi Agar Tidak Digunakan Orang Lain [Security]

Security 0
Web Hosting Murah Gratis SSL

Apa jadinya bila koneksi internet kita yang menggunakan wifi network di rumah atau di kantor digunakan (dicuri) orang lain? tentu saja akan menjadi tidak lebih secure dan menjadi lambat bukan? sebetulnya ada beberapa cara untuk memprotek jaringan wifi/wireless tapi akan saya sampaikan lima cara saja yang cukup efektive untuk melindungi pemakaian wifi. Hasil dari proteksi ini adalah tentu saja koneksi internet yang menggunakan wifi akan semakin cepat dan aman sehingga anda tidak perlu lagi menambah kuota kecepatan untuk mempercepat koneksi internet wifi.

Langkah-langkah Memproteksi Wifi

1. Buat Password Yang Secure

Password adalah “gembok” pertama untuk mengamankan wifi kita. Buatlah password sesukar tapi yang mudah untuk diingat. Gunakan kombinasi angka, huruf kecil dan besar serta tanda baca sudah menjadi keharusan tapi bagaimana cara membuatnya agar menjadi lebih mudah di ingat? bila anda bingung anda bisa menggunakan Password Generator dari Norton.

Cara untuk mengganti atau membuat password pada wifi tergantung dari device yang anda gunakan. Karena itu anda bisa mengunjungi LinksysCiscoNetgearApple AirPortD-Link,  BelkinBuffaloTP-LINK3Com untuk mencari tahu bagaimana cara mengganti atau membuat password pada wifi anda.

2. Ganti Nama SSID

SSID adalah nama jaringan nirkabel. SSID membedakan satu dari WLAN yang lain dan memiliki nama yang telah ditetapkan oleh provider router itu sendiri seperti Linksys” atau D-Link”. Router nirkabel Anda akan menyiarkan detail-detail SSID di udara untuk perangkat lain. Sehingga akan mengekspos nama router Anda untuk users. So! para pengguna dapat mengakses jaringan nirkabel Anda dengan memasukkan password default dan username dari router yang anda gunakan (contohnya: username: admin password: admin), Jika Anda belum mengubah username dan password default Anda sebelumnya.

Untuk mencegah hal ini, Anda dapat menonaktifkan broadcast SSID router Anda dari halaman pengaturan router Anda. Dengan demikian maka orang lain atau perangkat disekitar anda tidak akan tahu tentang rincian jaringan Anda lagi.

Orang yang profesional dan tahu bagaimana cara mendapatkan broadcast SSID biasanya menggunakan software wife seeker semacam   inSSIDer (Windows) and Kismet (Mac, Linux) karena itu jalan terbaik untuk menangkalnya ialah dengan cara mengganti SSID serta mengganti username dan password default.

3. MAC Address Filtering (Memasukan MAC Address Ke Sistem Router)

Setiap device yang terhubung ke internet menggunakan jaringan ISP pasti memiliki apa yang disebut dengan MAC Address. Wifi anda akan semakin aman jika ia hanya menerima hubungan yang berasal dari MAC Address yang terdaftar pada sistem router dan mereject MAC Address yang tidak terdaftar.

Cara untuk menemukan MAC Address komputer adalah dengan cara:

  1. Tekan tombol Ctrl+r pada keyboard anda setelah itu ketik cmd
  2. Ketik ipconfig/all

Jika anda melakukan ini maka anda bisa melihat nomor MAC Address, copy dan masukan MAC Address ini kedalam MAC Address Filtering yang terdapat pada router

Video Cara Melihat MAC Address

 4. Aktifkan WI-FI Netword Encrypton (Enkripsi Wifi Network)

Hal yang berhubungan dengan WI-FI Netword Encrypton adalah WEP, WPA dan WPA2 ketiganya adalah teknik untuk memproteksi wifi dari kegiatan snooping (mengenai Snooping dapat anda baca di: http://searchsecurity.techtarget.com/definition/snooping)

Untuk mengenkripsi jaringan wifi, masuklah ke pengaturan keamanan dalam pengaturan router dan pilih metode enkripsi WPA2 atau WPA atau WEP. Kemudian masukkan passphrase yang paling rumit (kombinasi kata-kata alpha-numeric) untuk mengakses jaringan.

5. Kurangi Jangakauan Wifi

Setiap router yang digunakan memiliki batasan tergantung dari tipe dan merk wifi router yang anda gunakan. Umumnya antara 50 hingga 300 meter untuk pengguna dirumah dan lebih dari itu bila anda menginstallnya di kantor.

Saat ini 802.11 memiliki tiga khas Frekuensi rentang seperti 2,4 GHz, 3,6 GHz dan 4,9 / 5,0 GHz band. Setiap rentang frekuensi memiliki beberapa saluran Wireless yang memiliki kekuatan sinyal yang berbeda. 24.GHz memiliki kisaran (802.11b / g / n) saluran Wireless. Anda dapat memilih 802.11n atau 802.11b bukan 802.11g untuk mengurangi kekuatan maupun menekan kekuatan sinyal.

Tags:
SEO Software

Related Posts

Leave a Reply


*