Cara Belajar SEO Secara Otodidak? Apa Yang di Pelajari Agar Bisa SEO?

Web Hosting Murah Gratis SSL

Anda harus mengetahui banyak hal sebelum mempelajari ilmu Search Engine Optimization. Belajar SEO bisa secara otodidak atau dapat pula dengan cara mengikuti program kursus SEO. Pada dasarnya langkah-langkah cara menaikan posisi website agar bisa tampil di halaman pertama Google itu sangat mudah yang susah itu adalah memahami esensi dari Search Engine Optimization itu sendiri. Google menekankan kepada 200 signals yang harus kita kuasai bila ingin blog mencapai posisi halaman satu. Dalam artikel sekarang ini saya mau berbagai tentang bagaimana cara yang benar dalam belajar SEO secara otodidak serta pengetahuan apa yang harus kita ketahui (pelajari) supaya kita dapat mengoptimasi website/blog/webstore tanpa mengikuti kursus SEO atau menggunakan jasa SEO secara mandiri.

Keuntungan Bila Berhasil Menguasai Ilmu SEO Dengan Cara Belajar Menaikan Posisi Website Secara Otodidak

Otodidak=belajar sendiri dengan cara membaca artikel-artikel, buku, melihat video cara mengoptimasi website tanpa mendapatkan bimbingan dari orang yang telah memiliki pengetahuan soal SEO. Belajar apapun tidak hanya terbatas belajar SEO bila dilakukan secara otodidak pasti membutuhkan proses seperti: membaca, menyimpulkan, praktek (melakukan percobaan), analisis, revising dst yang mana kesemuanya benar-benar menguras waktu, tenaga, pikiran dan uang anda tapi bila berhasil maka secara serta merta akan mendapatkan keuntungan seperti:

  1. Bisa mengoptimalkan situs sendiri sebanyak yang diinginkan
  2. Terlepas dari ketergantungan terhadap pihak yang memberikan layanan jasa SEO
  3. Kecil sekali bisa terkena resiko Google Panda, Penguin dst

Pelajaran Dasar SEO Yang Harus di Pelajari Karena Bisa Menaikan Posisi Website

Walau Google menerapkan 200 buah signal/syarat agar sebuah website bisa mencapai peringkat teratas kita tidak harus mutlak mengikuti 200 signals tersebut tapi cukup dengan mengetahui bagaimana cara kerja Search Engine melakukan perangkingan. Adapun proses yang di lakukan Google tersebut adalah:

  1. Crawling
  2. Storing
  3. Publishing

Crawling artinya Google mengirimkan bot/robot untuk melakukan crawling (menjaring) halaman-halaman (berupa URL) yang ada di website anda lalu hasil crawling tersebut di simpan (storing) kedalam database baru kemudian di publish (dimunculkan kedalam halaman Search Engine Result Page) hasilnya maka bila ada permintaan (query) yang di lakukan user menggunakan kata kunci yang sesuai dengan content yang ada di website anda maka Google akan menampilkannya.

Yang menjadi permasalahan adalah dari setiap kata kunci yang di gunakan user saat sedang mencari referensi, mungkin bisa terdapat ratusan, ribuan bahkan jutaan kata yang sama yang tersebar diseantero halaman website. Bagaimana agar kata kunci yang ada dihalaman website kita bisa di munculkan dihalaman pertama? maka untuk menjawabnya anda harus menggunakan apa yang disebut dengan backlink (backlink adalah tautan/link yang menuju kehalaman website kita yang terdapat di halaman blog/website milik orang lain).

Masih Tertarik Mempelajari SEO Otodidak? Baca Terus Tutorial SEO di Bawah Ini

Secara mendasar sudah saya jelaskan proses perangkingan yang dilakukan Google dalam menentukan website/url mana yang pantas berada di halaman pertama. Sekarang kita mulai untuk mempelajari istilah dan tekhnik-tekhnik SEO yang di gunakan untuk mengoptimalkan website/blog agar mampu dan bisa bertahan di halaman pertama Google.

Pelajaran SEO Pertama (melakukan riset): Harus Bisa Menentukan Pilihan Yang Tepat

Anda harus bisa dan mengetahui hal apa yang tepat untuk website atau halaman website yang ingin anda optimalkan kedalam Google seperti bisa:

  1. Mengetahui apa keyword yang tepat
  2. Mendapatkan informasi siapa competitor anda dan apa yang ia lakukan
  3. Membuat isi website yang SEO friendly

Pelajaran SEO Kedua (praktek/onpage optimization): Harus Paham Fungsi Atribut di Dalam Webpages (halaman web)

Disamping tahu bagaimana cara memilih layanan web hosting yang SEO friendly anda juga harus anda perhatikan adalah bahwa Google tidak membaca apa yang tampil dihalaman browser anda tapi membaca apa yang ada di “belakangnya” seperti:

  1. Robot tag
  2. Title tag
  3. Meta description
  4. Keyword
  5. Heading (H1, H2 dst)
  6. Content Structure (density, sinonim, semantic dst)
  7. Sitewide (text yang ada dibagian luar content seperti: widget, related content dst)

Pahami setiap komponen yang ada didalam 7 hal diatas. Pelajari apa fungsi dari robot tag, title tag, meta description dst serta pelajari juga bagaimana cara membuatnya yang benar-benar sesuai dengan rule yang diterapkan oleh SE.

Pelajaran SEO Ketiga (Optimasi/offpage optimization): Harus Dapat Mengetahui Nilai Outboundlink

Mungkin apabila anda menggunakan pihak ketiga (Jasa SEO) untuk mengoptimasi website pelajaran SEO ketiga ini kurang mendapatkan perhatian khusus. Mungkin bukan karena tidak tahu atau benar-benar tidak tahu atau bahkan “Don’t care” karena ingin cepat-cepat menaikan posisi website anda. Tapi bila anda sendiri yang mengoptimasinya maka saya jamin 1001% anda akan:

  1. Extra hati-hati dalam membuat backlink
  2. Tidak melakukan hal-hal yang berhubungan dengan SPAMMING
  3. Dst

Pada artikel terdahulu saya pernah menulis tentang membangun trust Search Engine silahkan anda baca untuk melengkapinya dan pada artikel yang akan datang Insya Allah saya akan menulis tentang “Bagaimana Cara Membuat Backlink” silahkan daftarkan email anda untuk mendapatkan artikel-artikel SEO terbaru secara otomatis.

Bahan (Materi) Untuk Belajar SEO Tanpa Kursus SEO (Otodidak)

Agar proses mempelajari SEO secara otodidak berhasil tentu anda membutuhkan sumber informasi entah itu bahan bacaan, Video tutorial, Software SEO dan hal-hal yang berkenaan dengan SEO.

Referensi Artikel Dunia Search Engine Optimization

Referensi dari sumber yang tepat pasti akan menghasilkan hal yang benar. Untuk kategori referensi sumber bacaan mengenai SEO anda bisa mengunjungi:

Ada banyak sekali komunitas-komunitas SEO, website mengenai tutorial SEO, Blog SEO yang bisa anda ambil ilmunya seperti:

  1. Google Webmaster
  2. www.carabelajarseo.org
  3. Moz
  4. Search Engine Land
  5. Search Engine Round Table

Referensi Video Tentang Search Engine Optimization

Termasuk juga Video yang membahas tentang SEO akan bisa membantu proses belajar mengoptimalkan website secara otodidak.

  1. Google Webmaster Video
  2. Moz Video Channer

Belajar SEO Cepat Dengan Kursus SEO

Bila suatu saat anda memerlukan bimbingan dalam mempelajari ilmu tentang bagaimana cara menampilkan website ke posisi teratas di Google anda bisa mengikuti program kursus SEO yang kami adakan secara online dengan biaya yang amat murah.

Pelajaran-pelajaran SEO bisa anda dapatkan dengan lengkap. Konsep belajar yang di gunakankan adalah: Belajar dan Praktek langsung menggunakan website yang sudah anda dapatkan sewaktu mendaftar. Informasi lengkap mengenai penawawan ini silahkan kunjungi halaman Kursus SEO kami atau klik presentase kami dibawah ini. Dan terima kasih telah membaca Cara Belajar SEO Secara Otodidak? Apa Yang di Pelajari Agar Bisa SEO? semoga bermanfaat.

Tags:
SEO Software

Related Posts

Comments are closed.