Belajar SEO di Era Google Algorithm Hummingbird

Web Hosting Murah Gratis SSL

Algorithm Hummingbird memaksa para SEO Master untuk lebih kreatif dan mengeluarkan extra daya kreasi ditambah penggunaan data yang lebih spesific dan lebih luas. Dalam artikel terdahulu saya pernah menulis mengenai Semantic SEO yang mungkin bisa anda baca juga untuk menambah wawasan.

Sekarang Zamannya Hummingbird Mas!

Google terus berbenah diri masa kemasa dengan tujuan untuk memberikan hasil yang lebih relevant, bermanfaat, berkualitas terhadap permintaan (search query) yang di gunakan user. Dimana pada era sebelumnya peran meta description, bold, underline, italic bisa mempengaruhi hasil query dan saat ini sudah mulai tidak dominan lagi.

SERP

Perhatikan ada dua buah meta description, mana yang benar-benar meta description?

Bila sudah itu yang terjadi maka keyword density, bold, underline, italic dan lainnya lagi yang saya sebut dengan “keyword lebay” yang pada sebelumnya cukup efektif sekarang justru menjadi bumerang.

Apa Cara Efektif Agar Supaya Sukses Mengoptimasi Website dan SEO di Era Hummingbird

Karena masih baru mungkin konsep dibangunnya Hummingbird belum dapat dipahami secara rill, pun di dalam komunitas SEO yang membahas tentang Hummingbird sampai tulisan ini dibuat masih menjadi teka-teki dan jadi tantangan untuk menemukan cara yang benar-benar efektif untuk menaklukan Algorithm Hummingbird, tapi dari sekian banyak hasil percobaan yang dilakukan para SEO Master akhirnya dibuat kesimpulan yang mengerucut kepada:

  1. Kreatif
  2. Fokus
  3. Rich
  4. Trust
  5. Quality

Hummingbird Membuat Kita Lebih Banyak Berkreasi dan Fokus Membuat Rich Content

Saya gambarkan saat ini anda memiliki sebuah blog tentang SEO. Saya mau anda mencari jawaban tentang: hal apa yang berhubungan dengan SEO. Menurut saya SEO identik dengan:

  1. Web design
  2. Web hosting
  3. Blogging
  4. Social media
  5. CSS
  6. Internet marketing
  7. Link building
  8. CMS
  9. Cara-cara pemasaran online
  10. Dst

Bila anda seorang praktisi SEO yang mengaku “pakar dan master SEO” lalu memiliki blog/website tentang SEO sangat naif dan terlalu “CUPU” bila content didalam blog/website anda berisi:

  1. Artikel-artikel curhat
  2. Cerita ABG
  3. Cerita Gosip
  4. Artikel tentang kebanjiran
  5. Dst

Lebih baik menulis hal yang berkaitan dengan SEO walau pengetahuan anda tentang SEO sebenarnya tidak banyak. Daripada menulis tentang cerita saat berwisata ke Pulau Tidung, Pulau Pari, Curhat, Gosip, 3GP dst. 🙁

Komposisi Hummingbird

  1. 50% onsite optimization (rich content)
  2. 30% high quality + relevant backlink
  3. 10% social signal
  4. 10% others

Fokuskan kepada 3 component diatas bukan fokus pada gambar dibawah ini:

senuke link wheel

Teknik pengoptimasian seperti tertera pada schema link wheels diatas sudah tidak dominan dan mutlak bisa membawa website anda keposisi teratas apalagi jika membuatnya secara serampangan tanpa mempertimbangankan: Trust, Unik dan relevansi. Percaya atau tidak saat ini masih ada sekitar 95% praktisi Search Engine Optimization yang terjangkit syndrom merasa pakar SEO menggunakan cara-cara yang sudah expired itu.

Update Informasi Langkah Pertama Optimasi Website Mengkuti Trend Hummingbird

Bergabung dalam Komunitas Search Engine Optimization yang ada, saling berinteraksi berbagi pengalaman yang berhasil maupun yang gagal saat mengoptimasi website adalah pijakan awal untuk tetap eksis dalam dunia internet marketing. Analisis data entah itu berupa data traffic, click through, link popularity, onpage optimization, memperbaiki content yang kurang optimal, melengkapi kekurangan orang lain dengan cara menyempurnakan diri kita sendiri adalah cara yang professional daripada membanggakan diri sendiri apalagi menobatkan diri pribadi sebagai seorang pakar.

Tools/Software SEO Gratis Untuk Optimasi Blog Sesuai Dengan Algoritma Hummingbird

Software SEO free yang bisa anda gunakan untuk mengoptimalkan blog agar berada di posisi teratas bukan SenukeXcr, Sedemon, Ultimate Demon dan sejenisnya tapi:

Screaming Forg

Screaming Frog SEO Spider tools adalah software SEO gratis yang bisa anda download dan gunakan untuk website analisis. Dengan bantuan software ini maka kita bisa mengetahui apa yang kurang dari tiap lembar halaman yang ada di website anda.

Screaming Frog juga bisa kita gunakan untuk “memata-matai” competitor, mempelajari “what they done” lalu lakukan komparasi VS blog yang kita kelola lalu ambil tindakan yang tepat untuk memperbaiki setiap kekurangan yang ada.

Ubersuggest

Ini adalah salah satu layanan online keyword suggestion tools. Dengan SEO tools ini maka anda tidak perlu login kedalam Google Keyword Planner tapi cukup mengunjungi ubersuggest lalu isikan data yang anda kehendaki.

Secara konsep fungsi ubersuggest hanya untuk mencari related keyword saja tidak untuk melihat search volume, CPC dan lain sebagaimana yang ada di halaman Google Adword.

nod3x.com

Nod3x.com khusus untuk streaming social mention. Tools ini amat berharga bagi anda yang kerap memasarkan produk melalui social media semacam Facebook, Twitter, G+ dan semacamnya

Nod3x.com bisa anda gunakan secara gratis, terdapat video tutorial yang dapat anda lihat saat pertama kali login kedalam Node3x setelah itu mulai melakukan riset.

Apakah Artikel dengan judul “Belajar SEO di Era Google Algorithm Hummingbird” ini Bermanfaat Untuk Anda?

Apakah tulisan ini berguna buat anda? saat ini anda sedang berada di Blog yang membahas tentang Search Engine Optimization, setelah membaca secara keseluruhan isi content mengenai Hummingbird manfaat apa yang anda dapatkan? Artikel inilah yang bisa disebut dengan Rich Content dimana didalam artikel di ulas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan SEO, Hummingbird, Social Marketing, Keyword Research.

Apa jadinya bila blog SEO yang di kelola sang pakar SEO di isi content artikel-artikel cerita ABG, Pulau Tidung, Pulau Pramuka, Baju grosiran, perabotan dapur, penipuan dsb? Cupu sekali 😀

Tags:
SEO Software

Related Posts

Comments are closed.