Apa Arti HTTP Code Response 200, 301, 404 Dst?

SEO
Web Hosting Murah Gratis SSL

Apa Arti HTTP Code Response 200, 301, 404 itu? HTTP Code Response sebenarnya pelajaran basic, ada yang sudah banyak tahu tapi ada pula yang belum. Khusus untuk pembaca nobi yang belum tahu apa itu HTTP Code Response silahkan untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Pengertian Umum HTTP Code Response

Adapun pengertian umum dari HTTP Code Response adalah sebuah code yang muncul akibat dari pemintaan (query) web browser yang yang kita gunakan. Dalam hal SEO HTTP Code Response ini cukup penting dan sering kita gunakan untuk mengetahui eksistensi serta nilai sebuah website.

HTTP Code Response 200, 404 dan 403

HTTP Code Response 200 berarti menandakan bahwa halaman/url web page tersebut masih eksis (masih ada) tapi bila HTTP Code Response yang muncul 404 atau 403 hal itu berarti sudah tidak eksis dengan keterangan: 404 code server not found halaman web sudah hilang, terhapus atau dipindahkan tanpa dibuatkan redirect seblumnya sedangkan 403 code menandakan kita tidak dapat mengakses halaman tersebut karena tidak memiliki hak akses.

HTTP Code Response 301 dan 302

HTTP Code Response 301 dan 302 artinya halaman/url web page yang kita tuju telah di redirect/di alihkan ke halaman/url yang lain. Perbedaan dari 301 dan 302 adalah: HTTP Code Response redirect 301 mencerminkan url tersebut telah dipindahkan secara “permanent” bila anda melakukan redirect 301 berarti Google akan mengganti halaman lama dengan halaman baru secara keseluruhan termasuk PR dan SERP sedangkan HTTP Code Response redirect 302 sama seperti 301 yang membedakannya halaman baru tidak memiliki nilai yang sama dimata Google artinya halaman tersebut mungkin tidak memiliki PR dan posisi yang sama dengan halaman yang lama.

Redirect 301 sangat baik untuk SEO terutama anda yang mau menggunakan domain baru peralihan dari domain lama. Dengan redirect 301 posisi domain lama akan tergantikan secara otomatis dengan domain yang baru.

Bagaimana Cara Mengetahui HTTP Code Response

Untuk mengetahui HTTP Code Response anda bisa menggunakan beberapa software SEO seperti Gscraper dan Scrapeboox (untuk urusan memeriksa HTTP Code Response saya merekomendasikan Gscraper dibanding Scrapebox karena di Gscraper terdapat fitur untuk memeriksa HTTP Code Response ini).

Mengapa kita harus mengetahui HTTP Code Response? jawabannya sudah saya jawab pada paragraph diatas. HTTP Code Response juga bisa kita manfaatkan untuk menilai backlink terutama backlink yang dibuat menggunakan redirect domain (URL Shortner/Kamuflase Link).

Untuk perawatan dan pengoptimasian mengetahui HTTP Code Response ini sangat penting sekali baik itu untuk memeriksa website kita sendiri maupun backlink-backlink yang telah kita buat apakah masih eksis atau tidak bila terjadi bad response seperti 404 atau 403, 500 dst segera lakukan hal-hal yang diperlukan agar eksistensi website kita tetap terjaga.

Tags:
SEO Software

Related Posts

Comments are closed.